EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI POKOK HIDROKARBON DI KELAS X2 SMA NEGERI 2 WATANSOPPENG


ABSTRAK
Khaerun Nisai. 2011.Efektivitas pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi pokok Hidrokarbon di kelas X2 SMA Negeri 2 Watansoppeng”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Tabrani Gani dan Pince Salempa).

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada pembelajaran kimia siswa kelas X2 SMA Negeri 2 Watansoppeng (studi pada materi pokok Hidrokarbon). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X2 dengan jumlah 31 orang yang diajar dengan pembelajaran langsung (Direct Instruction). Data penelitian diperoleh dengan memberikan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya efektivitas pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada materi pokok Hidrokarbon di kelas X2 SMA Negeri 2 Watansoppeng adalah sebesar 57,61 %.

Kata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Hidrokarbon

0 Response to "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MATERI POKOK HIDROKARBON DI KELAS X2 SMA NEGERI 2 WATANSOPPENG"

Posting Komentar